Annyeong Haseyo

Minggu, 18 Desember 2011

SHINee 빛나고




SM Academy 2006 mengadakan audisi dan memberikan kesempatan bagi ONEW, JongHyun, Key, MinHo, dan TaeMin untuk bekerja sama dengan SM Entertainment. Setelah kurang lebih tiga tahun menjalani training bersama, akhirnya mereka tergabung dalam sebuah boyband yang memberikan nuansa baru di SM Entertainment.
Ketika mengikuti audisi tahun 2006, ONEW,JongHyun,KEY,MinHo, dan Taemin harus melewati ratusan pemilik bakat lain yang menjadi saingan mereka. Onew yang saat itu masih memiliki wajah polos seperti anak kecil dan mempunyai vocal yang manis, mampu memberikan yang terbaik. Jonghyun yang memiliki suara emas pun mampu menarik perhatian juri SM. Key yang percaya diri, mampu menari dengan sangat lincah dibandingkan peserta lain. MinHo yang mempunyai karisma yang kuat pun mampu mempuat juri terkesima dengan tariannya. Dan TaeMin  yang memamng masih sangat polos waktu audisi, tapi dia memberikan perform menari yang sangat luar biasa. Karena kerja keras dan usaha yang tidak sedikit, akhirnyta mereka diterima menjadi trainee SM Entertainment. Tidak membutuhkan waktu yang lama untuk mengokohkan bakat mereka. Onew,JongHyun,Key,MinHo dan TaeMin menjadi anak didik SM Entertainment selama tiga tahun. SM member nama “SHINee” kepada lima remaja ini. Arti “SHINee” sendiri pun memberikan perbedaan tersendiri bagi ONEW,JongHyun,KEY,MinHo, dan TaeMin , yaitu kini mereka berlima merupakan image baru dari SM Entertainment yang akan terus bersinar (shining). ONEW dipilih menjadi leader dari SHiNee dan Maknae dari boyband ini adalah TaeMin. SM mempersilahkan SHINee melakukan performance pertama di sebuah acara musik SBS. Sebelum itu, suara mereka hanya dapat dinikmati dari situs online. Begitu muncul di depan publik, SHINee langsung menarik perhatian penonton. Sejak saat itu sebuah nama dipakai untuk mewakili penggemar mereka, yaitu SHINee World alias SHAWOL.
Noona Neomu Yeppeo (Replay) adalah single pertama SHINee dan dibawakan saat mereka melakukan performance. Komposisi suara dan bakat tari yang berbeda membuat SHINee terlihat memiliki image yang fresh. Music Video dari lagu Noona Neomu Yeppeo(Replay) ini menjadikan leader dari girlband f(x) yaitu Victoria sebagi modelnya. Dari single pertama ini, SHINee menerima sambutan yang sangat baik. Buktinya Noona Neomu Yeppeo (Replay) berada di peringkat 10 besar lagu Korea saat itu, dengan menduduki peringkat kedelapan. Lagu ini dimuat dalam mini album pertama SHINee, “Noona, You’re So Pretty” dan laku sebanyak 17.957 copies pada pertengahan tahun 2008.
SHINee mengusung tema R&B konteporer dalam setiap lagu, dan musiknya ringan untuk didengar. Mereka juga mempunyai ciri khas dalam gaya penampilan. Mulai dari rambut, pakaian,sepatu sampai aksesoris. Tidak jarang remaja mengikutinya. Karena itu SHINee menjadi trend setter di kalangan remaja. Banyaknya anak remaja di Korea yang bahkan di luar Korea yang mengikuti gaya berpakaian SHINee, membuat media  massa menyebutnya sebagai “ Trend SHINee”.
Sukses dengan album perdana, SHINee pun memperoleh banyak penghargaan dan semakin dicintai olegh penggemarnya. Tidak cukup dengan dua album saja, SHINee merilis repackage album dengan mengangkat single A.Mi.Go. (Areumdaun Minyeorueljoahamyeon Gosaenghanda)- yang artinya “Jika kamu mencintai seseorang dari kecantikannya saja, maka kamu akan menderita” . SHINee terus berlatih untuk memberikan yang terbaik di mini album keduanya. Romeo, judul dari album ini, membuat SHINee diingat dengat dengan singlenya, Juliette. Pada tahun 2009 juga, SHINee kembali memberikan mini album ketiganya, yaitu “Year Of Us (YOU)” , dengan single RDD ( Ring Ding Dong).
SHINee lalu berpartisipasi dalam Dream Concert. Mereka juga turut mengambil bagian saat SM Entertainment menggelar konser. SM Town Live Tour Concert 2008 menyertakan SHINee yang masih terbilang baru baru, sekaligus memperkenalkannya. Begitu juga pada tahun 2010 kemarin, SHINee kembali turut serta  di SM Town Live Tour Concert.
Shinee telah mengeluarkan tiga mini album, dua album studio dan dua album repackage. Istirahat selama beberapa bulan membuat Shawol tidak sabar menunggu kembalinya mereka. Begitu teaser MV dari Lucifer dulincurkan, banyak Shawol terkejut akan perubahan dalam diri kelima personil tersebut Album kedua yang dikasi judul Lucifer resmi dirilis 19 Juli 201. Berisi 13 track lagu, diantaranya ; Up and Down, Lucifer, Electric Heart, A-YO, Obsession, Quasimodo, Shout Out, Wowowow, Your Name, Life, Ready or Not, Love Pain dan Love Still Goes On. Tak lama setelah pembuatan album studio kedua, SHINee merilis repackage album yang memuat 16 lagu.
SHINee kembali bikin gebrakan setelah beberapa lama nggak ada kabar terbarunya. Juni lalu, SHINee resmi debut di Jepang dengan merilis single Replay Japanesse Version. Agustusnya, mereka rilis single jepang kedua mereka Juliette Japanesse Version, ditambah dengan lagu beru mereka yg berbahasa jepang “Kiss Kiss Kiss” dan sebulan setelah Juliette versi Jepang keluar, SHINee  ngeluarin single Lucifer dan Love like Oxygen versi Jepang. Replay, Juliette dan Lucifer mencatat rekor yang luar biasa. Mereka berada di TOP 3 chart mingguan oricon. “Ini adalah pertama kalinya dalam 44 tahun Oricon chart terdapat artis di luar Jepang (termasuk solois) merilis tiga single berbeda dan ketiga-tiganya menduduki posisi tiga besar,” demikianlah tulisan yang tertera di halaman situs Oricon. Woow, sesuatu yang yangat membanggakan bukan bagi para Shawol?
Pada 7 Desember kemarin, SHInee mengeluarkan album full pertama Jepang mereka yang diberi nama “The First”. Awalnya album ini direncanakan rilis pada 23 November 2011, tapi kemudian diundur tanpa alasan yang jelas. Shawols udah diberi tahu berita rilisnya album ini sejak Oktober lalu. “The First” sendiri berisi 12 lagu yaitu : Lucifer, Amigo, Juliette, Better, Your Heart, Always Love, Replay-You’re My Everything, Star, Love Like Oxygen, The Shinee World dan Seesaw. Ada tiga versi dari album ini. Versi regular berisi CD, 44 halaman photo booklet dan tambahan 1 lagu “Stranger” yang menjadi OST. Drama Jepang *Stranger 6*. Ada juga versi edisi terbatas berisi CD, kalender meja 2012, DVD Japan Debut Premium Reception Digest Movie in Japan and London dan 68 halaman photo booklet. Yang terakhir versi edisi terbatas. Album ini  berisi deluxe CD, 88 halaman photo booklet, mp3 player eksklusif yang beisi semua lagu yang ada di album The First. Ga’ ketinggalan juga  kalender 2012 dan DVD Behind the Scene pemotretan sampul album. The First sudah beredar sejak album tersebut dirilis. SHINee menggunakan kostum berkonsep campuran antara harajuku street dan aksen yang cowok banget. Perpaduan komsep ini member warna baru di gaya berbusana anak-anak SHINee.



Berikut Profil dari Member SHIee:

1.                1.   The Leader ONEW


Nama asli             : Lee Jin Ki
Nama Panggilan     : Onew / Leader Onew
TTL                     : Korea Selatan,14 Desember 1989
Tinggi Badan         : 177 cm
Gol. Darah            : O
Makanan Fave       : Chicken and Tofu
Hoby                    : Dengerin music, main piano, belajar bahasa mandarin.
Keluarga               : Orang Tua
Posisi                    : Leader, lead vocal

Berawal dari SM Academy Casting yang diadakan pada tahun 2006, Leader SHINee yang akrab dipanggil ONEW ini terpilih untuk menjadi salah satu anak training.Onew yang sudah dilatih selama 2 tahun langsung ditempatkan dalam boyband yang dibentuk SM Entertainment. Ia menggunakan nama ONEW untuk nama panggungnya, hingga saat ini ia dikenal dengan nama ONEW dan katanya Onew kurang suka dipanggil dengan nama aslinya(Lee Jin Ki). Sebelum debut, Onew pernah berduet dengan Lee Hyun Ji menyanyikan lagu Vanilla Love. Bernyanyi duet dilakukan lagi dengan salah satu member SNSD atau biasa dikenal dengan Girl’s Generation, Jessica. Lewat single One Year Later yang dikemas dalam mini album Girl’s Generation ini, ONEW mulai mendapat perhatian dari fans. Onew yang tampil dengan wajah remaja yang fresh akhirnya dipilih SM Entertainment sebagai leader dalam SHINee. ngKebetulan diantara member lain, Onew-lah yang paling tua usianya. Walaupun begitu, tingkah laku Onew sendiri kadang tidak sesuai dengai usianya. Ia masih suka bermain dan kadang tidak tau bagaimana harus bersikap selayaknya leader.  Sifat Onew yang memang kekanak-kanakan tapi dia merupakan leader yang baik dan perhatian kepada member lainnya. Dengan SHINee yang sekarang ini sudah terkenal dan meraih sukses yang tidak sedikit membuktikan  bahwa dia merupakan leader yang luar biasa. Onew juga bukan saja menjadi leader, tapi dia juga lead vocal. Sweet voice-nya membuat fans serasa melting saat mendengar suaranya. Bahkan salah satu member SNSD ( Soo Young) mengaku melting saat mendengar Onew bernyanyi One Year Later. Tidak ada yang tertawa jika Onew Condition sudah terjadi, yaitu ketika dia melucu tetapi tidak dianggap lucu oleh teman-temannya. Onew juga melupakan leader yang pintar, buktinya saat kelas 3 SMA, ia meraih ranking 2 dikelasnya dan Onew juga pintar berbahasa Inggris. Onew juga sangat perhatian terhadap member lainnya terutama pada sang maknae TaeMin, tapi Onew malah sering jadi bulan-bulanan dari member lain untuk dijailin.


2. The Bling Bling Jonghyun






Nama asli              : Kim Jonghyun
Nama Panggilan      : Jonghyunn / bling bling Jonghyun
TTL                      : Korea Selatan, 8 April 1990
Tinggi Badan          : 173 cm
Gol. Darah             : AB
Musisi Fave           : Michael Jackson, Usher
Hobi                      : Nonton film, dance, menulis lirik dan bermain piano.
Keluarga                : Orang tua dan satu kakak perempuan
Posisi                     :Lead Vocal

Suara emas Jonghyun mampu membangkitkan power untuk boyband bentukan SM Entertainment ini. Sifatnya yang ramah dan mudah bergaul mencerminkan dirinya. Jonghyun bergabung denga SM Entertainment saat SM Academy Casting 2005. Awal karirnya hamper sama dengan si leader ONEW, yaitu sama-sama melakukan aksi duet. Bedanya kalau Jonghyun duet bersama Zhang Li Yin (Jang Ri In) menyanyikan lagu Wrongly Given Love. Dengan bakatnya yang luar biasa itu, SM tak segan-segan  menarik Kim Jong Hyun untuk bergabung dengan SHINee. Suaranya yang serak mampu memberikan warna yang berbeda bagi group music ini. Tidak ada yang tidak mengenal suara JongHyun jika ia mulai buka suara. Sebagai vokalis utama, otomatis kemampuan vokalnya patut diacungi jempol. Ia pun menjadi salah satu member SHINee yang ditunjuk menjadi pengisi acara di event penghargaan – jika para lead vocal diminta mengisi acara, salah satunya SBS Gayo Dajeun. Bukan hanya suara yang patut dibanggakan, Jonghyun juga merupakan salah satu member yang terlatih untuk urusan menari. Jonghyun bias menyanyi dan menari dengan baik. Jonghyun juga menyukai anak kecil, terbukti pada acara Hello Baby. Jonghyun juga tidak berbeda dengan member lain, Jonghyun suka ngerjain alias jail sama ONEW.  Joghyun merupakaan pribadi yang tegas dan suka berkata apa adanya. Jonghyun juga sangat menghargai kejujuran. Oh ya, Jonghyun menggunakan nama “Bling bling” sebagai nama panggilannya, karena menurutnya “bling bling” itu berkaitan dengan SHINee yang artinya sama-sama bersinar.


3.  The Almighty Key



Nama Asli             : Kim Ki Bum
Nama Panggilan      : Key / Almighty Key
TTL                      : Korea Selatan, 23 September 1991
Tinggi badan          : 177 cm
Gol. Darah             : B
Musisi Fave            : Michael Jackson, Justin Timberlake & Lady Gaga
Hobi                      : Dance, snowboarding, water-skiing, n shopping
Keluarga                : Orang tua
Posisi                     : Vokalis, rapper, dancer

Kim Ki Bum mengikuti ajang SM Entertainment pada tahun 2005. Sebelum debut dengan SHINee, Kim Ki Bum pernah berperan sebagai extra dancer di MV Super Junior dan pernah tampil di label-mate Xiah “Xiahtic”. Begitu SM menempatkan  Kim Ki Bum sebagai member SHINee, ia memilih “KEY” sebagai nama panggungnya . “Key” diambil dari nama tengahnya, “Ki,”  yang berarti mampu menyelesaikan semuanya. Nama ini juga sengaja dipilihnya agar orang-orang tidak tertukar dengan member Super Junior yang juga bernama KiBum. Wajah Key berbeda dari member SHINee lainnya, raut wajahnya lebih feminine dan memiliki pandangan mata yang tajam. Sifatnya lebih dewasa dibandingkan Onew. Key termasuk member yang tegas dalam bertindak. Dia bias saja membentak TaeMin jika ia mau. Key selalu mengeluarkan bahasa yang berat jika ditanya oleh media, oleh karena itu terkadang tanggapan media berbeda dengan apa yanag dimaksudnya. Sebenarnya Key adalah member yang ramah dan perhatian. Key tidak suka dikerjai oleh teman-temannya, karena itu dia sering membalas. Key akan berdiam diri jika semua temannya berhasil membalas perkataannya.  Key memegang posisi yang penting. Dia termasuk member yang multitalented. Kemampuannya sangat luar biasa, dia bias menjadi seorang vokalis,dancer, dan rappermdalam SHINee. Dengan memegang tiga posisi itu, Key patut diacungi jempol. Cara nge-rap key berbeda dengan Minho, karena Minho bersiara bass, sedangkan Key dengan suara tenornya. Selain bakat menyanyi, dance dan nge-rap , kelihatnya Key juga bias dengan mudah mempelajari bahasa asing. Sama seperti member lainnya, Key juga fasih berbahasa Mandarin. Selain itu dia juga menguasai bahasa Inggris dan Jepang.  Key juga member yang sangat senang memasak. Dan Key juga member yang sangat fashionable. Ia malah menjadi salah satu trend setter dari SHINee dalam hal kostum.


4.  The Flying Charisma Minho



Nama Asli            : Choi Minho
Nama Panggilan     : Minho / Charismatic Flame Minho
TTL                     : Korea Selatan, 9 desember 1991
Tinggi Badan         : 181 cm
Gol. Darah            :B
Hobi                     :Olahraga, berbain basket dan bola, acting
  Keluarga               : Orang tua dan satu kakak laki-laki
  Posisi                   : Sub vocal dan rapper

Minho pertama kali ditemukan oleh SM Entertainment pada “2006 SM Casting System”. Sebelum bergabung dengan SHINee, Minho pernah menjadi model pakaian “SEOUL Collection F/W 08-09” rancangan Ha Sang Baek. Selain itu, Minho juga pernah menjadi model MV Gee dari SNSD ( Girl’s Generation). Di SHINee, Minho dikenal sebagai member yang paling banyak memiliki idola. Onew pernah mengatakan bahwa Minho mirip karakter manga Jepang , karena Minho punya kaki panjang dan wajah yang mungil. Jonghyun menambahkan, Minho juga memiliki mata yang bagus. Di antara semua member SHINee, Minho-lah yang paling jago dalam hal olahraga. Bagaimana tidak, ayah Minho adalah pelatih sepak bola terkenal di kotrea. Otomatis dari kecil Minho sudah akrab dengan yang namanya olahraga, tertama sepak bola. Selain menyukai olahraga, ia juga hgobi membaca buku, buku favoritnya adalah buku biografi. Walaupun umurnya masih sangat muda, Minho berfikir sangat dewasa. Sama sekali tidak sesuai dengan umurnya. Selain olahraga dan membaca buku, di waktu senggangnya Minhojuga suka bermain game. Game favoritnya ternyata Winning Eleven. Dimata member SHINee yang lain, Minho merupakan orang yang sangat perfeksionis. Ia akan melakukan segala sesuatu demngan tidak tanggung-tanggung. Bahkan ketika ia hanya sedang bermain game sekalipun. Kelebihan Minho lainnya adalah tidak gampang menyerah. Pernah suatu kali Minho kalah bermain game, ujung-ujungnya ia tidak bias tidur semalaman karena memikirksn kekalahan itu. Kesukaan Minho dalam bidang olahraga membawanya menjadi peserta di acara KBS “let’s Go Dream Team” . Di acara olahraga ini, Minho sering menjadi pemenang dalam berbagai perlombaan.  Sempat beberapa bulan Minho diistirahatkan dari acara tersebut karena ia mengalami cedera pada tulang kakinya saat beraksi. Alhasil, ketika SHINee comeback untuk album Lucifer, Minho jarang berpartisipasi dalam kegiatan promosi. Gara-gara cedera kaki itu juga, kabarnya rilis album Lucifer sempat tertunda. Minho juga membintangi MV dari girlband VNT. VNT merupakan group yang bukan bagian dari SM Entertainment. Minho adalah orang kedua setelah Kim Heechul yang membintangi MV diluar SMent.


5.  The Maknae Taemin


Nama Asli             : Lee Taemin
Nama Panggilan      : Taemin / The maknae Taemin / Taeminie/ Handy Boy Taemin
TTL                      : Korea Selatan, Seoul 18 Juli 1993
Tinggi                   : 179 cm
Gol. Darah             : B
Artis Fave             : Michael Jackson dan Emma Watson
Warna Fave           : Putih
Makanan Fave        : Steak/ daging
Hobi                      : Dance(Popping), main piano, ngedengerin music
Keluarga                 : Orang tua dan satu kakak laki-laki
Posisi                      : Lead dancer, vokalis


Lee Taemin atau yang akrab dipanggil Taemin.  Bakat bermusik dari anggota termuda dari grup SHINee ini ditemukan ketika ia mengikiti audisi “2005 SM Open Weekend Audio Casting”. Selain menyanyi,Taemin juga pernah berakting dalam serial komedi situasi MBC berjudul TaeHee HyeGyo JiHyun. Disitu ia berperan sebagai Junsu. Taemin dikenal sebagai member  yang sangat polos. Hal tersebut terungkap pada acara SBS Shin Dong Yup yang kala itu membahas tentang isu remaja zaman sekarang. Cowok yang punya tinggi dan  berat badan 179 cm/50kg ini pernah mengatakan bahwa ketika ia pergi ke warnet untuk main game PC (game computer). Katanya, para gamer berbicara dengan bahasa “kotor” alias tidak sopan. “Walauoun saya juga remaja, ketikamendengar percakapan seperti itu saya merasa anak zaman sekarang itu mengerikan.” Komentarnya . Kepolosan Taemin juga terlihat ketika sedang berada disekolahnya. Saking polosnya, ia sering sekali dikerjain oleh teman-temannya. Taemin pernah dilempari penghapus dan dimaki-maki oleh mereka. Walaupun sering dijahili seperti itu, Taemin tidak pernah menganggapinya, apalagi jadi berniat untuk pindah sekolah. Untung ia memiliki hyung-hyung di SHINee yang sangat perhatian dan peduli kalau ia sedang sedih. Taemin merupakan member yang paling tidak rapi. Maknae satu ini paling malas membersihkan tempat tidurnya sendiri. Selain itu taemin suka lupa di mana menaruh barang – barang miliknya sendiri. Maka dari itu ia sering dikomplain oleh member lain, terutama Jonghyun dan Minho. Kedua orang ini juga sebal kalau Taemin pinjam barang mereka tanpa bilang dulu.












SHINee

Tidak ada komentar:

Posting Komentar